Pemkab Sumenep Salurkan BLT DBHCHT, BBM dan Beasiswa Tahun 2022

0
27

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Provinsi Jawa Timur salurkan bantuan langsung tunai dana bagi hasil cukai hasil tembakau (BLT DBHCHT) tahun 2022 kepada 9.315 orang penerima.

Selain itu, Pemkab Sumenep juga menyalurkan dana bantuan langsung tunai bahan bakar minyak (BLT BM) dan Beasiswa Tahun 2022.

BLT BBM diberikan kepada 2.484 orang, sedangkan bantuan beasiswa diberikan kepada 139 orang penerima.

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep Ir. Edy Rasyadi menyampaikan, bahwa pandemi Covid-19 telah membawa dampak yang signifikan dalam semua sektor kehidupan, mulai dari sektor kesehatan, ekonomi dan sektor pendidikan.

“Dampak pandemi ini juga sangat dirasakan oleh industri hasil tembakau dari hulu sampai hilir,” kata Ir. Edy Rasyadi saat penyerahan bantuan di Pabrik Rokok HS Jaya, Desa Bakeong, Kecamatan Guluk-guluk, Senin, 26 Desember 2022.

Ini merupakan ikhtiar Pemkab Sumenep untuk mengurangi beban hidup masyarakat, khususnya kepada para buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok, masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga bbm, serta para mahasiswa yang kurang mampu di kabupaten sumenep.

“Yang jelas, bantuan langsung tunai melalui program dana bagi hasil cukai dan hasil tembakau tahun 2022, prioritasnya para pelaku industri tembakau, di antaranya buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok,” kata Sekda.

Sekda melanjutkan, sedangkan dalam upaya mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kepada para mahasiswa kurang mampu memprogramkan beasiswa kepada mereka yang sedang menempuh pendidikan di berbagai perguruan tinggi dalam negeri.

“Beasiswa ini bukan sepenuhnya untuk mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, namun sebagai bukti bahwa pemerintah daerah hadir guna mengurangi beban biaya kepada para mahasiswa berprestasi yang kurang mampu dalam mengikuti proses pendidikan di perguruan tinggi,” terangnya.

“Kepada pihak terkait, dalam merealisasikan bantuan ini hendaknya pelaksanaannya sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku agar tidak bermasalah di kemudian hari,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here