Pemkab Sumenep Mulai Distribusikan 2.480 Dosis Vaksin Covid-19 ke Seluruh Puskesmas

0
49

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten Sumenep mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac tahap 1 yang telah diterima dari Provinsi Jawa Timur ke seluruh Puskesmas, baik wilayah daratan maupun wilayah kepulauan di Kabupaten Sumenep.

“Kami telah menerima 2.480 vaksin Covid-19 Sinovac dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Selasa (26/01/2021) dini hari, sehingga dilanjutkan dengan pendistribusiannya ke seluruh Puskesmas di Kabupaten Sumenep,” Kata Bupati Sumenep A. Busyro Karim, saat silaturahmi dengan para kepala Puskesmas sekaligus Peluncuran Pendistribusian Vaksin Covid-19, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, Selasa (26/1/2021).

Sesuai dengan program vaksinasi nasional, prioritas penggunaan vaksin diperuntukkan untuk tenaga medis, yang selama ini sudah berjibaku menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi Covid-19.

Menurutnya, jumlah vaksin yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep belum mencukupi sesuai dengan kebutuhan yang diajukan ke Pemerintah Pusat dan baru memenuhi separuh dari total jumlah tenaga medis di kabupaten Ujung Timur pulau madura ini.

“Saat ini kita masih baru menenerima 2.400 lebih, sedangkan tenaga medis di kabupaten Sumenep berjumlah 3.750. Untuk tenaga kesehatan saja belum semuanya,” ujar Bupati.

Untuk itulah, lanjut Busyro Karim, guna mensukseskan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Sumenep perlu dukungan semua pihak, termasuk unit sektor yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di kecamatan, baik aparatur kecamatan, Kepolisian Sektor (Polsek) dan Komando Rayon Militer (Koramil).

“Sinergitas aparatur di kecamatan dalam mendukung pelaksanaan vaksinasi sangat penting selain dukungan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan para kepala desa,” jelas Bupati Sumenep dua periode ini.

Tak lupa juga ia mengingatkan semua masyarakat untuk mendukung program vaksinasi nasional, karena kata dia, vaksin merupakan bagian dari ikhtiar menghambat penyebaran Covid-19 selain menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak

“Di Puskesmas sudah dipersiapkan selama beberapa hari ini, termasuk di Dinas Kesehatan juga sudah disiapkan, sekarang di sana itu ada dari polisi dalam rangka mengamankan semuanya,” tegasnya.

Sementara itu di tempat yang sama,
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Agus Mulyono mengungkapkan, pihaknya untuk menyukseskan giat vaksinasi Covid-19 telah melakukan sejumlah persiapan di antaranya menyiapkan 153 petugas vaksinator dan 81 operator lainnya.

Menurut Agus, vaksin tahap pertama di termin kedua tersebut didistribusikan ke 30 Puskesmas se Kabupaten Sumenep, mulai dari RSUD dr. H. Moh. Anwar, dua rumah sakit swasta, kantor kesehatan pelabuhan di Kalianget, dan Klinik Pratama Polres Sumenep.

“Pelaksanaan vaksinasi ini salah satu tujuannya untuk mencegah timbulnya penyakit dan kematian akibat Covid-19,” ucapnya.

Penyuntikan vaksin Covid-19 di Sumenep rencananya akan dimulai pada Kamis, 28 Januari 2021. Vaksinasi akan dilakukan kepada jajaran Forkopimda di Pendopo Agung Sumenep, lalu diikuti dengan vaksinasi secara serentak di masing-masing Puskesmas.

Diketahui, Pada kegiatan serah terima vaksin Covid-19 ini dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, sekaligus dihadiri oleh Kapolres Sumenep AKBP Darman, Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep, Djamaluddin, Dandim 0827 Letkol Inf Nurcholis dan sejumlah Kapolsek di semua sektor, dan juga seluruh Kepala Puskesmas di Kabupaten Sumenep.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here