Nyai Dewi Khalifah Kembali Pimpin Muslimat NU Kabupaten Sumenep Periode 2022-2027

0
50

SUMENEP | LIPUTAN12 – Wakil Bupati Sumenep Nyai Hj Dewi Khalifah kembali terpilih secara aklamasi untuk memimpin Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Sumenep masa khidmat 2022-2027, dalam konferensi cabang (Konfercab) Muslimat NU Sumenep yang digelar di Gedung Korpri Sumenep, Rabu 29 Juni 2022.

Nyai Hj Dewi Khalifah dipilih secara aklamasi dari peserta konferensi yang terdiri dari 311 orang perwakilan Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU Se-Kabupaten Sumenep sepakat memilih Nyai Eva kembali memimpin Muslimat NU Sumenep untuk lima tahun mendatang.

Diketahui, konferensi ini selain diikuti oleh kader Muslimat NU yang ada di daratan Sumenep, juga diikuti kader Muslimat NU di daerah kepulauan, seperti dari Gayam, Raas, Giligenting, dan Giliraja.

Usai terpilih, Nyai Eva panggilan akrabnya menyampaikan, pihaknya akan terus membangun sinergi dengan seluruh jajaran dan badan semi otonom NU untuk mewujudkan program ‘Kampung NU’.

“Hal ini merupakan amanah yang harus dijaga untuk kembali menjadi pimpinan Muslimat NU Kabupaten Sumenep,” kata Nyai Eva.

Dirinya menuturkan, ada beberapa program yang akan lakukan ke depan. Pertama, di bidang organisasi, yakni dengan pembentukan Pimpinan Anak Ranting (PAR) Muslimat NU.

“Bahkan, kami berupaya untuk melakukan pemekaran Pimpinan Anak Ranting Muslimat NU di Sumenep. Hal itu berlaku bagi PR Muslimat NU yang memiliki anggota banyak dan letak geografis yang luas,” terangnya.

Selain itu, di bidang pendidikan, di mana pihaknya akan mengadakan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) melalui kejar paket A, B, C bagi kader Muslimat NU yang berpendidikan rendah.

“Kami juga berinisiatif membuat rumah Al-Qur’an yang juga menyasar lansia, tidak hanya anak-anak. Hal itu agar murattal mereka baik dan melakukan bimbingan shalat sesuai Ahlussunnah wal Jamaah,” imbuhnya.

Selanjutnya, dirinya akan melakukan pengembangan ekonomi produktif dengan melakukan pendmpingan ke beberapa UMKM, baik yang sudah produksi atau pun yang baru akan merintis. Bahkan, juga akan melakukan pendampingan advokasi legalitas usaha, sampai pengurusan NIB dan legalitas halal.

“Produk-produk tersebut juga akan kami fasilitasi agar bisa masuk pasar modern dan pasar online,” jelasnya.

Nyai Eva yang juga sebagai Wakil Bupati Sumenep berharap, seluruh kader Muslimat NU Kabupaten Sumenep semakin peduli terhadap lingkungan sekitar.

“Tentunya kami akan berupaya kembali untuk menata dan menjalankan organisasi lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, kader Muslimat NU Kabupaten Sumenep bisa semakin peduli lingkungan sekitar,” pungkasnya.

Editor                    : Lekat Azadi
Copyright © liputan12.id 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here