KPU Sumenep Mulai Melakukan Pemetaan TPS Pemilu 2024

0
17
Foto : Komisioner KPU Sumenep Syaifurrahman (Foto istimewa/Liputan12.id)

LIPUTAN12 – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai melakukan pemetaan tempat pemungutan suara (TPS) untuk Pemilu 2024.

Ketua KPU Kabupaten Sumenep, Rahbini melalui Divisi Perencanaan dan Data Syaifurrahman mengatakan, Resesi dilakukan untuk menghitung secara pasti kebutuhan TPS pada saat pencoblosan mendatang.

“Kebutuhan estimasi TPS tiap kecamatan dan desa harus rigrid. Jangan sampai tidak pas. Sederhananya memudahkan pemilih menggunakan hak pilihnya terhadap lokasi,” katanya pada awak media, Minggu, 22 Januari 2023.

Hal itu dilakukan kata dia, untuk menyusul adanya surat dinas KPU RI perihal data hasil singkronisasi dalam negeri untuk Pemilu 2024 Pada tanggal 4 Januari 2023.

Syaifurrahman menuturkan, pada proses pemetaan TPS tersebut akan dilakukan KPU dengan dibantu oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). PPK nantinya akan dibantu oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) apabila sudah terbentuk sebab sesuai ketentuan pemetaan TPS dilakukan KPU dengan dibantu PPK dan PPS.

“Dengan dilakukannya pemetaan TPS, maka nantinya diharapkan tidak ada pemilih yang satu KK memilih di TPS yang berbeda atau beda geografis, jarak dan waktu tempuh dengan tembakan tenggang waktu pemungutan suara,” terangnya.

Pihaknya menjelaskan, KPU Kabupaten Sumenep diminta untuk mengunduh hasil singkronisasi data yang dilakukan KPU RI melalui sistim informasi data pemilih (sidalih).

Data tersebut berasal dari Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) Kementrian Dalam Negeri dengan Data Pemilih Tetap (DPT) Pemilu terakhir yang dimutakhirnya.

Syaifurrahman menegaskan, ada beberapa hal yang menjadi acuan untuk penentuan jumlah TPS.

Sementara, Data Pemilih hasil singkronisasi di Sumenep sebanyak 896.346 bertambah dari Pemilu sebelumnya sejumlah 822.320 bertambah.

“Kemudian data tersebut dilakukan pemetaan TPS dengan jumlah pemilih maksimal 300 orang di tiap TPS,” jelasnya.

“Pemetaan TPS nantinya juga untuk menentukan hal lain seperti logistik pada saat pemilu nanti,” tukasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here