Ketua DPRD Sampang Dukung Penuh Pencalonan Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Kapolri

0
43
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang M. Fadhol. (Dok. Rara-Kachonk/liputan12)

SAMPANG | LIPUTAN12 – Sejumlah tokoh masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur utamanya dari kalangan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang, mendukung penuh Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo, M.Si yang diajukan Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri.

Pasalnya, calon penerus atau pengganti Jenderal Idham Aziz, M.Si yang akan segera memasuki masa purnabakti tertanggal 1 Februari 2021 sangatlah diharapkan dan mampu memberikan keamanan dan kenyaman serta amanah dalam menjalankan tugas sebagai pengayom masyarakat khususnya di lingkungan kabupaten Sampang.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang M. Fadhol mengatakan, dirinya selaku lembaga legislatif kabupaten Sampang sangatlah mendukung serta mengapresiasi terhadap segala bentuk keputusan presiden Jokowi dalam menunjuk dan menetapkan Kapolri yang baru mengingat Kapolri yang lama sudah memasuki masa Purnabakti.

“Kita menghargai dan menghormati keputusan pak Presiden Jokowi atas pengangkatan Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri, karena itu adalah hak prerogratif presiden,” ujar Fadhol saat ditemui media liputan12, di ruang kerjanya, Jumat (15/1/2021).

Dirinya berharap, tentu Presiden lebih arif dan bijak dalam menentukan sosok kapolri yang baru sesuai dengan pertimbangan yang matang dan mekanisme yang ada, sehingga tidak ada sundut pandang bahwa perbedaan keyakinan seorang pemimpin dapat menjadi penghalang pelaksanaan tugas beliau sebagai Kapolri.

“Saya melihat beliau sangat akrab, di antaranya terhadap kalangan pesantren dan ulama, sehingga perbedaan tidak menghalangi untuk menjadi orang nomor satu di Korp Bhayangkara,” ujarnya.

M. Fadhol menambahkan, dengan penunjukan tersebut, saya selaku Ketua DPRD berharap di bawah kepemimpinan kapolri yang baru, mampu memberikan pelayanan terbaik serta profesional dalam menjalankan amanah sesuai dengan perintah undang- undang.

“Semoga Komjen Listyo Sigit mampu menjadi orang nomor satu di kepolisian dan bisa membawa perubahan serta bisa merangkul semua elemen masyarakat, suku, ras dan agama,” harapnya.

Sebagai informasi, Komjen Listyo Sigit bakal segera memulai rangkaian uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI pada pekan depan.

Komjen Listyo merupakan sosok perwira tinggi (pati) Polri yang piawai dalam bidang reserse. Saat ini dia memimpin Bareskrim di tingkat Mabes Polri.

Dia resmi dilantik sebagai Kabareskrim pada 16 Desember 2019. Dia naik pangkat menjadi bintang tiga usai dipercayai sebagai Kadiv Propam Polri sebelumnya.

Selama memimpin Bareskrim, Komjen Listyo banyak mengungkap kasus-kasus besar yang menarik perhatian publik. Salah satunya, namanya mentereng setelah menangkap buron terpidana kasus hak tagih (Cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra pada 30 Juli 2020 lalu.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here