Kabupaten Sumenep Punya Nahkoda Baru, Sekda: Entaskan Kemiskinan Perlu Sinergitas Bersama

0
61
Sekdakab Sumenep, Edy Rasiyadi sesaat setelah acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep secara virtual di Pendopo Bupati Sumenep, Jumat (26/2/2021)

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pasangan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, S.H., M.H., dan Wakil Bupati Nyai Hj Dewi Khalifah, S.H., M.H., M.Pd resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di gedung Grahadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada Jumat, 26 Februari 2021.

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, serta Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota kali ini dilakukan secara terbatas.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi-Dewi Khalifah digelar secara virtual dalam rangka penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Terlihat suasana Pendopo Agung tampak sakral dengan protokol kesehatan meski hanya sebatas nonton bareng (nobar), tampak sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat berserta undangan lainnya mengikuti prosesi pelantikan yang dilakukan secara virtual.

Pelantikan Achmad Fauzi-Nyi Eva itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.35-312 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Jawa Timur.

Kemudian Keputusan Dalam Negeri Nomor 131.35-368 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 131.35-312 Tahun 2021 tentang Pengesahan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Hasil Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 di Kabupaten dan Kota Pada Provinsi Jawa Timur.

Pengambilan sumpah dibacakan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansah sekaligus penyematan Pin sebagai tanda sah sebagai Bupati dan Wakip Bupati yang lain.

“Kepada saudara Achmad Fauzi S.H., M.H., dan Saudari Nyai Dewi Hj. Khalifah, S.H., M.H., M.Pd sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sumenep,” ucap Gubernur Khofifah saat membacakan naskah pelantikan.

Dalam sambutannya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mendoakan para Bupati dan Wakil Bupati yang hari dilantik. Semoga sukses.

Kepada para Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik segara bergerak cepat. Khofifah Indra Parawansa berpesan persoalan stanting, dan soal dana Desa.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sumenep, Edy Rasiyadi dan juga saat ini menjabat Plh. Bupati menyampaikan selamat dan sukses atas pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Sumenep periode 2021-2024. Semoga amanah dan dapat menjalankan program kerjanya sesuai visi dan misi yang telah dijanjikan kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang menjadi visi misi mereka bisa kita wujudkan bersama, dan kami jugak butuh dukungan semua pihak untuk bisa meneruskan program visi dan misi dari Bupati terpilih,” kata Edy Rasyiadi sesaat setelah acara pelantikan secara virtual di Pendopo.

Menurut Edy, mulai hari ini kita mempunyai nahkoda baru, tentu dengan harapan semua visi dan misi terwujud dengan dukungan semua komponen. Bukan Bupati dan Wakil Bupati saja, tetapi semua pihak.

Untuk diketahui, lanjutnya, di tahun 2020 di masa pandemi ini hampir se-Kabupaten di Jawa Timur angka kemiskinan meningkat. Ia berharap dengan adanya program bupati yang baru dapat mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep.

“Dengan adanya bupati yang baru ini mudah-mudahan angka kemiskinan di Kabupaten Sumenep bisa berkurang,” harapnya.

Dengan begitu, kata Sekda menambahkan perlu adanya suatu sinergitas pihak lain, seperti DPRD.

“Perlu adanya sinergitas dengan DPRD ini bisa tercapai juga bisa terjadi karena juga didukung oleh semua pihak, tidak hanya Bupati dan Wakil Bupati saja,” tuturnya.

Redaktur       : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here