Kabar Gembira! Pemkab Sumenep Bakal Launching Calender of Event 2023

0
67

SUMENEP | LIPUTAN12 – Di penghujung Tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep akan menggelar Launching Calender of Event 2023 atau kalender kegiatan, khususnya pada sektor wisata akhir pekan ini dengan berbagai acara untuk menyemarakkan pelaksanaannya.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, kami programkan peluncuran Kalender Wisata 2023 pada Sabtu 17 Desember 2022, mulai pagi hingga malam hari dengan bermacam kegiatan.

“Kegiatan ini digelar setelah menetapkan logo ke-754 tahun dengan slogan “Sumenep Menuju Masa Kejayaan,” kata Achmad Fauzi, Jumat, 16 Desember 2022.

“Ada 26 agenda wisata sepanjang 2023 disiapkan oleh Pemkab Sumenep. Dari setiap event tersebut ada beberapa sub event, seperti Sumenep Culture akan ada pameran keris,” ucapnya.

Selain itu, beberapa kegiatan lainnya adalah fun bike di Pulau Oksigen Gili Iyang, Marathon Beach, wisata budaya, dan festival UMKM. Berbagai kegiatan yang disiapkan akan memamerkan berbagai potensi yang ada di Sumenep, misalnya bahari, seni dan budaya, sejarah, wisata olahraga, hingga wisata religi.

Bupati menjelaskan, peluncuran kalender wisata 2023 dengan tujuan menggeliatkan sektor pariwisata yang sempat meredup dalam tiga tahun terakhir akibat pandemi Covid-19 sejak 2020.

“Tujuan kalender event ini untuk menunjang pariwisata kita. Menurut saya, salah satu untuk mempercepat pemulihan ekonomi riil adalah mendorong potensi wisata,” jelasnya.

Sementara, penyelenggaraan peluncuran kalender wisata 2023 ini dimulai pada pagi hari, di antaranya senam massal bersama masyarakat, pasar UMKM yang menyuguhkan bermacam kuliner baik makanan dan minuman khas Kabupaten Sumenep.

Untuk kegiatan pada malam harinya, Politisi PDI Perjuangan ini menuturkan, ada penampilan musik tong-tong, tari kontemporer serta penampilan band dan artis Sumenep, antara lain, Bos Rebord Band, Orkes Melayu (Om) Zaptanada bersama Irwan DA2 dan lainnya.

Selain meluncurkan kalender wisata 2023, Pemerintah Daerah akan menyerahkan Pengharagaan kepada pememang Desain logo Hari Jadi ke-754 Kabupaten Sumenep 2023.

Bupati Fauzi berharap, masyarakat Sumenep agar datang ke lokasi penyelenggaraan untuk ikut memeriahkan, karena kegiatan itu digelar dalam rangka meningkatkan perekonomian yang kemasannya melalui bermacam-macam acara.

“Sejatinya, kalender wisata 2023 untuk menggerakkan ekonomi masyarakat seperti pedagang kuliner, warung kelontong, pedagang kreatif lapangan dan dunia usaha lain seperti hotel dan juga rumah makan,” tandasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan peluncuran Calender of Event 2023 akan digelar di depan Labang Mesem Pendopo Keraton Sumenep, yang jadwalnya pada pagi hari mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Sedangkan acara malam hari sebagai puncak peluncuran Kalender Wisata pukul 19.00 hingga 23.00 WIB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here