Jelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H, Polres Sampang Buka Latihan Pra Ops Keselamatan Semeru 2021

0
49

SAMPANG | LIPUTAN12 – Jelang bulan suci Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri 1442 H, Polres Sampang melaksanakan latihan Pra Ops Kepolisian kewilayahan Keselamatan Semeru 2021 di lapangan Apel belakang, Mapolres Sumenep, Jumat (9/4/2021).

Latihan Pra Ops yang diikuti 60 peserta dari gabungan semua Bagian, Satuan dan Seksi di lingkungan Polres Sampang tersebut dibuka langsung oleh Wakapolres Sampang Kompol Rizky Tri Putra.

Wakapolres Sampang dalam sambutannya menyampaikan bahwa Polda Jatim beserta seluruh jajaran dan perkuatannya melaksanakan Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi ”Keselamatan Semeru 2021” yang akan diberlakukan selama 14 (empat belas) hari.

“Kegiatan dilakukan sebagai bentuk pemeliharaan keamanan lalu lintas yang mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif dalam rangka mewujudkan kamseltibcarlantas yang mantap dan pencegahan penyebaran covid-19 dengan meningkatkan disiplin protokol kesehatan serta tidak melaksanakan mudik lebaran tahun 2021,” kata Kompol Rizky Tri Putra.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan operasi kepolisian tersebut mengedepankan fungsi satuan Lalu Lintas untuk melaksanakan pemeliharaan keamanan lalu lintas dengan melakukan kegiatan kegiatan preemtif dan preventif disertai Gakkum secara selektif prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan serta sosialisasi tentang larangan mudik pada lebaran Tahun 2021.

Sementara itu, Kabag ops Polres Sampang Kompol Roycke Hendrik selaku kepala perencanaan dan pengendalian operasi (Karendal Ops) menuturkan bahwa, operasi kepolisian kewilayahan keselamatan Semeru 2021 akan berlangsung selama 14 hari mulai tanggal 12 sampai 25 April 2021.

“Pelaksanaan operasi keselamatan akan dititikberatkan kepada kegiatan preemtif dan preventif terutama dalam rangka penanganan penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Sampang dengan tetap melaksanakan kegiatan Kamseltibcar lantas guna cipta kondisi jelang Ramadhan dan Idul Fitri 14421 H,” jelasnya.

Kompol Roycke menjelaskan, tujuan operasi adalah meningkatnya kepatuhan dan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan, terciptanya Kamseltibcarlantas untuk meminimalisir terjadinya pelanggaran, kecelakaan dan kemacetan lalu lintas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H.

“Untuk menurunkan angka fatalitas korban laka lantas dan meningkatnya kesadaran masyarakat agar patuh terhadap himbauan pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik ke kampung halaman masing-masing pada lebaran tahun 2021,” tandasnya.

Penulis        : Rara/Kachonk
Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here