Jalan Lingkar Utara Sumenep Resmi Diberi Nama Jalan K Mudfar dan Jalan Sidingpuri

0
36

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur meresmikan jalan Lingkar Utara tepatnya di area Desa Kebunan, Desa Bangkal dan Desa Parsanga, pada Selasa (26/1/2021).

Hadir dalam acara tersebut, Bupati dan Wakil Bupati Sumenep, sekaligus dihadiri oleh Kapolres Sumenep, AKBP Darman, Kepala Kejaksaan Negeri Sumenep, Djamaluddin, Dandim 0827 Letkol Inf Nurcholis dan sejumlah tokoh masyarakat Desa setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampaikan, semenjak jadi bupati di periode pertama sebenarnya sempat terpikir untuk meningkatkan jalan tersebut, namun berhubung masih banyak jalan lain yang belum di selesaikan, maka baru bisa terealisasi pada saat dirinya menjadi Bupati Sumenep periode kedua bersama Achmad Fauzi sebagai Wakil Bupati.

“Mudah-mudahan jalan ini bisa memberikan kemaslahatan untuk seluruh masyarakat Sumenep,” harapnya, Selasa (26/1/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Sutanto menyatakan, proses pembangunan jalan lingkar tersebut, dimulai dengan pembebasan lahan, pada tahun 2016 sampai tahun 2018 dengan anggaran sekitar Rp 5 Miliar.

“Ini merupakan akses jalan yang sangat diharapkan oleh masyarakat di kota keris ini, terutama dapat mengurangi kepadatan jalan kota, serta dapat mendukung aktivitas percepatan perekonomian masyarakat,” Paparnya.

Menurutnya, proses pelaksanaan jalan fisik ini dilakukan 2 tahap, tahap pertama pada tahun anggaran 2019 dengan menggunakan sumber dana APBD sebesar sekitar Rp 15 Miliar. Dengan Kontraktor pengerjaan panjang jalan sekitar 1.6 km ini atas nama PT Faris Rachman.

“Alhamdulillah pada pertengah bulan Desember 2019 telah dapat diselesaikan pembangunan jembatan dan jalan sepanjang 1,6 Km,” ucapnya.

Pembangunan tahap kedua, kata dia, pada tahun anggaran 2020 kembali di kerjakan oleh PT Menara Inti Jaya Group dengan mengunakan sumber dana APBD, dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp 22 Miliar, dengan masa pelaksanan 6 Bulan.

“Pada pertengahan bulan Desember tahun 2020 telah dapat di selesaikan dengan tuntas dengan panjang kurang lebih 2,3 Km, sehingga panjang total Jalan Lingkar Utara mencapai 3,9 Km,” terangnya.

Sesuai dengan keputusan Bupati sumenep, lanjut dia, penetapan nama jalan Lingkar Utara ada 2 nama jalan, jalan yang arah Desa Kebunan, diberi nama Jalan K Mudfar dengan panjang 2,3 Km, dan jalan arah Desa Parsanga diberi nama Sidingpuri dengan panjang 1,6 Km.

“Kami berharap, akan ada peningkatan arus pergerakan orang dan barang yang nantinya akan mempercepat pertumbuhan, perekonomian dan kesejahteraan bagi masyarakat Sumenep,” tukasnya.

Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here