Hari Pertama Kerja Pasca Libur Lebaran, Bupati Sumenep Sidak Cek Kedisiplinan ASN

0
175

SUMENEP | LIPUTAN12 – Hari pertama masuk kerja bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumenep pasca libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep menggelar inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (17/5/2021).

Dalam Sidak tersebut Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep melakukan sidak kepada ASN di jajarannya oleh tiga tim, yakni tim Bupati, Wakil Bupati Dewi Khalifah dan Sekretaris Daerah Ir. Edy Rasiyadi.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan pelaksanaan sidak ini tidak hanya menyasar Organisasi Perangkat Daerah semata, tetapi juga menyeluruh hingga tingkat kecamatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumenep.

Pihaknya mengadakan sidak untuk mengetahui tingkat kedisiplinan ASN di lingkungan Pemkab Sumenep pada hari pertama setelah libur Hari Raya Idul fitri 1442 Hijriyah seiring dengan adanya larangan mudik lebaran tahun ini.

“Kami ingin memastikan kedisiplinan ASN mematuhi dan menaati aturan dalam menjalankan tugasnya khususnya saat hari pertama masuk kerja setelah lebaran tahun ini,” kata Achmad Fauzi di sela-sela sidak di RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep.

Bupati Fauzi menuturkan, pihaknya melakukan sidak ke setiap OPD, Kelurahan dan Kecamatan di wilayah daratan, untuk mengetahui angka kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintah Kabupaten Sumenep, di hari pertama masuk kerja setelah libur Lebaran tahun ini.

“Setelah dilakukan absensi kepada ASN di sejumlah OPD bahwa angka kehadiran ASN sangat tinggi rata-rata di setiap OPD mencapai 90 persen lebih. Hanya ada 1 dan 2 ASN di sejumlah OPD itu tidak masuk kerja dengan alasan sakit yang dibuktikan surat keterangan dokter, dan juga ada yabg izin dikarenakan keluarganya ada yang menikah sehingga tim kepada bersangkutan untuk melampirkan undangan resepsi adiknya ke BKD sebagai buktinya,” jelasnya.

Untuk itulah, setelah seluruh ASN di jajarannya memulai aktivitas sebagai abdi negara harus meningkatkan kinerja dan kedisiplinan, bahkan ASN terus berinovasi dan berkreasi dalam rangka membangun Kabupaten Sumenep untuk kesejahteraan masyarakat.

Pihaknya meminta, tingginya angka kehadiran ASN di hari pertama masuk kerja jangan karena ada sidak, namun kedisiplinan masuk kantor harus terus berlanjut di hari-hari selanjutnya, supaya roda pemeritahan di Kabupaten Sumenep dan pelayanan publik semakin baik setiap tahun.

“Kami (Pemkab Sumenep) terus berupaya meningkatkan sistem pemantauan kedisiplinan ASN seperti absensi online dan pengawasan lain. Apabila ada ASN tidak masuk kerja di hari pertama tanpa keterangan yang jelas pasti ada sanksi tegas sesuai peraturan,” tegas Suami dari Nia Kurnia Fauzi ini.

Politisi Muda yang juga sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep juga menjelaskan sidak kali ini juga bertujuan memberikan semangat kepada para pegawai agar tetap semangat bekerja dan tetap memberikan pelayanan meski masih dalam kondisi pandemi.

“Kita yakin pandemi COVID-19 ini akan segera berlalu,” tukasnya.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© 2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here