Forkopimcam Rubaru Bersama Pemdes Pakondang Kompak Bangun Kembali Rumah Sumawi

0
37

SUMENEP | LIPUTAN12 – Kapolsek Rubaru Polres Sumenep, Iptu Suparjiyo bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Rubaru yang terdiri dari Camat Rubaru Arif Susanto beserta Danramil meninjau lokasi korban rumah roboh sekaligus menyalurkan bantuan kepada keluarga korban.

Dengan didampingi Pemerintah Desa Pakondang, Forkopimcam menyerahkan langsung bantuan kepada Sumawi (52) tahun dan Sunab (56) tahun, warga dusun Banakaja Desa Pakondang yang rumahnya ambruk akibat curah hujan tinggi pada senin (25/1/2021) lalu.

Kapolsek Rubaru Iptu Suparjiyo mengatakan bahwa dirinya bersama Forkopimcam Rubaru mendatangi lokasi dan memberikan bantuan berupa sembako dan sebagian alat bangunan. Ini merupakan bentuk koordinasi Forkopimcam untuk selalu peduli dan membantu kepada setiap masyarakat korban bencana ataupun masyarakat yang berhak menerima bantuan.

“Kami datang ke rumah bapak Sumawi, di samping memberikam bantuan juga kami berharap kedatangan kami bisa menambah moril kepada keluarga korban agar tetap semangat meskipun tertimpa musibah, karena pada dasarnya musibah itu merupakan ujian dari Allah SWT,” ungkap Iptu Suparjiyo kepada liputan12, Jumat (5/2/2021).

Sementara Camat Rubaru, Arif Susanto menyampaikan, sebelumnya sudah mengatahui bahwa di kecamatan Rubaru ada dua tempat yang mengalami bencana rumah roboh, namun yang viral di beberapa media pemberitaan yaitu rumah Sumawi (52) yang ada di Dusun Banakaja RT 04/RW 03.

Oleha sebab itu, pihaknya langsung berkoodinasi dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Pakondang dan Pemerintah Kabupaten Sumenep, untuk melakukan survei kelokasi kejadian, lalu memberikan bantuan seadanya.

“Hari ini forkopimcam Rubaru yang turun memberikan bantuan alat bangunan dan sembako. Sementara yang dari pemerintah kabupaten masih menunggu (belum turun lagi-red), sebagian sudah ada termasuk dari Dinas BPBD, untuk yang lain kami masih mengusulkan,” terang Camat saat dikonfirmasi awak media via telepon sellulernya, Jum’at (5/2/2021).

Camat Arif Susanto menuturkan, bantuan tersebut merupakan sumbangan dari Forkopimcam untuk membangun kembali rumah Sumawi yang sebelumnya ambruk akibat curah hujan yang cukup tinggi selama beberapa hari.

Bahkan kata Arif, bukan hanya Forkopimcam tapi pihak perangkat desa juga ikut sumbangan membantu warganya yang tidak mampu yang terkena musibah ini.

“Itu perangkat desa juga sumbangan secara pribadi untuk membantu semuanya, itu dana pribadi perangkat desa dan kalebun (Kepala Desa), karena BTT (Bantuan Tidak Terduga) dari APBDes belum cair,” jelasnya.

Kerena jika masih menunggu bantuan yang dari pemerintah masih lama, maka pihaknya berinisiatif memberikan bantuan, kata dia yang masih terkumpul berupa semen sebanyak 15 sak, serta penutup atap hasbis sebanyak 10 dan pasir juga Batu.

“Ditambah bantuan sembako seadanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” paparnya.

Sementara itu, Camat yang penuh dengan seribu prestasi di kalangan Birokrasi Pemkab Sumenep ini menambahkan, untuk penggarapan pembangunan masih koordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dengan harapan pembangunannya cepat terlaksana, sehingga bantuan dari semua pihak bisa terwujud sesuai harapan.

“Begitu sudah ada ring-ringan biaya dan bahan bangunan sudah terkumpul kita usahakan segera. Kami harap semua masyarakat sekitar ini untuk bergotong royong saling bantu untuk pekerjaanya,” tandasnya.

Di tempat terpisah, Sumawi selaku korban bencana yang rumahnya roboh akibat curah hujan yang cukup tinggi mengaku sangat berterima kasih kepada semua pihak dan juga Forkopimcam Rubaru juga sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumenep dan juga Pemerintah Desa Pakondang yang sudah peduli dan memberikan bantuan kepada warganya.

“Kami sekeluarga sangat berterima kasih, semoga tindakan baik ini mendapat ganjaran yang setimpal,” harapnya.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here