Fasilitasi Produk UMKM, Bupati Achmad Fauzi Launching Mall Pusat Oleh-oleh Khas Sumenep

0
56

SUMENEP | LIPUTAN12 – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep Provinso Jawa Timur terus menunjukkan komitmen dan keberpihakannya kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di wilayah Kabupaten Sumenep.

Terbaru, Pemkab Sumenep membuka Mall UMKM sebagai salah satu upaya untuk mempermudah para pelaku UMKM dalam memasarkan produknya.

Dengan adanya Mall UMKM atau pusat oleh-oleh khas Sumenep ini, Pemerintah Daerah ingin terus mendorong agar UMKM Sumenep semakin maju dan bersaing dengan produk atau industri lain.

Nantinya seluruh produk UMKM, mulai dari makanan, jamu, kerajinan ukiran, batik hingga keris akan tersedia di Mall. Sehingga masyarakat yang berkunjung ke Sumenep tidak kesulitan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Sumenep.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi mengatakan, Mall UMKM ini sebagai langkah awal agar produk UMKM Sumenep bersaing di pasaran. Nantinya produk yang masuk dalam mall ini akan diseleksi untuk bisa naik kelas dipasarkan di tingkat nasional bahkan untuk diekspor.

“Produk-produk UMKM kita yang awalnya di sini, nanti akan kami inventarisir untuk naik kelas ke gedung Halalhub di Tajamara itu agar bisa diekspor ke luar negeri,” ujar Achmad Fauzi dalam sambutannya saat meresmikan pembukaan Mall UMKM di depan Pendopo Keraton Sumenep, Senin (27/6/2022).

Bupati Fauzi menuturkan, inisiatif pembukaan mall UMKM ini diawali dengan dirinya mendata pengunjung selama 26 hari terakhir dan tingkat kebutuhan produk UMKM para tamu.

“Per tanggal 1 hingga 26 Juni saja, hampir 8 ribu pengunjung yang masuk ke museum keraton. Kalau pada saat hari liburan, pasti lebih banyak lagi,” paparnya.

“Harapan saya, mall UMKM ini berfungsi, baik secara offline maupun online. Pengelolanya juga harus selalu berkoordinasi dengan pengelola Halalhub agar produk UMKM ini bisa dipasarkan di marketplace lain, baik nasional maupun internasional,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sumenep menambahkan, para pelaku UMKM hendaknya meningkatkan semangat untuk terus mengembangkan produk usahanya.

“Jenis produk yang ditampilkan di mall UMKM Sumenep, antara lain makanan dan minuman ringan, kerajinan batik, kerajinan ukir, handycraft, keris dan jamu tradisional,” jelasnya.

Untuk diketahui, saat ini pemasok produk di mall UMKM, di antaranya dari paguyuban Tera’ Bulan Sumenep, Koperasi Makan dan Minuman Sumenep, Asosiasi Makan dan Minuman Jawa Timur Korda Sumenep, Oke Oce Sumenep, UP2K Kepanjin, Sentra Bayam Merah Bangselok dan Sentra Ukiran Daerah Karduluk.

Editor                    : Lekat Azadi
Copyright © liputan12.id 2022

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here