DLH Kabupaten Sumenep Serukan Yuk Liburan Minim Sampah

0
33

SUMENEP | LIPUTAN12 – Liburan tanpa meninggalkan sampah memang belum jadi kebiasaan para pengunjung tempat keramaian.

Ribuan orang yang mendatangi jantung kota atau tempat wisata sering kali meninggalkan sampah merupakan salah satu contohnya.

“Melancong memang menjadi kegiatan yang identik dengan segala sesuatu yang praktis, seperti penggunaan bahan plastik yang hanya sekali pakai lalu dibuang,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep Arif Susanto, Jumat, 30 Desember 2022.

Untuk itu, Ia menghimbau masyarakat yang ingin pergi liburan agar dapat meletakkan sampah ke wadah yang sesuai dengan jenis sampahnya, misalnya sampah kering untuk diletakkan di tong sampah khusus sampah kering yang telah tersedia di ruang-ruang publik.

“Sehingga usai liburan kebersihan lingkungan tetap terjaga,” ucapnya.

Kemudian masyarakat juga dihimbau agar membawa botol tumbler sendiri, membawa alat makan dan tempat makan yang dapat dipakai berulang.

Selain itu, membawa tas belanja untuk dipakai berbelanja atau untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, tidak menggunakan sedotan.

“Terutama penggunaan sampah plastik, di mana sampah plastik sangat sulit untuk terurai oleh tanah. Jaga bumi ini dengan mengurangi penggunaan sampah plastik,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here