Disdukcapil Kabupaten Sumenep Mencatat, 70.907 Warga Belum Memiliki KTP

0
19
Kabid pelayanan Disdukcapil Sumenep, wahasah. Dok. Foto: Imam Kachonk/Liputan12

LIPUTAN12 – Sepanjang tahun 2022, Data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) tercatat Sebanyak 70.907 warga di Kabupaten Sumenep belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

“Jadi, masih tersisa 70.907 warga yang belum mengantongi KTP,” kata Kabid Pelayanan Disdukcapil Sumenep, Wahasah, Jumat 20 Januari 2023.

Sementara kata dia, jumlah penduduk di Kabupaten Sumenep ini sebanyak 1.135.441. Namun, yang sudah memiliki KTP sudah mencapai 1.064.534 orang.

Pihaknya memaparkan, banyak faktor yang mempengaruhi masih banyaknya warga yang belum memiliki KTP elektronik.

“Penyebabnya ada warga yang berada di luar daerah maupun luar negeri. Kemudian faktor usia dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta kurangnya kesadaran warga sehingga tidak datang ke tempat perekaman,” paparnya.

Padahal, menurutnya KTP itu menjadi salah satu dokumen penting yang diperlukan untuk mengurusi berbagai kelengkapan administrasi, termasuk penerimaan bantuan dan pelayanan gratis dari pemerintah.

Menghadapi kondisi tersebut, Disdukcapil Sumenep menghadirkan pelayanan Peduli Lansia dan Disabilitas Hadiri Sepenuh Hati (Pelita Hati) sebagai salah satu upaya jemput bola, agar para lansia di Sumenep dapat memiliki KTP.

“Kita lakukan jemput bola, dengan melakukan perekaman ke desa-desa terpencil, lembaga sekolah dan pondok pesantren,” paparnya.

“Bahkan, kami juga bekerja sama dengan lembaga atau organisasi kemasyarakatan (ormas). Orang disabilitas pun kita datangi untuk perekaman e-KTP. Tapi hingga akhir 2022, masih ada warga yang belum memiliki KTP,” imbuhnya.

Ia berharap kepada seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta berperan aktif dengan melaporkan ke pemerintah desa (Pemdes) setempat, jika mengetahui adanya lansia atau warga yang masih belum memiliki KTP.

“Kepedulian masyarakat itu penting sekali, khsusunya keluarga dekat yang belum memiliki KTP,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here