Danrem 061/SK: Hari Lahir Pancasila, Momentum Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa

0
58

BOGOR | LIPUTAN12 – Pancasila adalah Pilar ideologis negara Indonesia, Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia, Pancasila juga sebagai jiwa bangsa Indonesia yang menjadi nilai-nilai kehidupan dalam bermasyarakat. Karena Pancasila lahir bersamaan dengan lahirnya bangsa Indonesia, maka Pancasila telah menjadi ciri khas kepribadian bangsa Indonesia.

Hal itu disampaikan Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Brigjen TNI Ahmad Fauzi usai mengikuti pelaksanakan upacara bendera hari lahir Pancasila di ruang Sekretariat daerah (Setda) 1 Komplek Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor, secara Virtual yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, Selasa (1/6/2021).

Danrem menambahkan bahwa Pancasila adalah sebagai cerminan kepribadian bangsa Indonesia yang merupakan bentuk peran dalam menunjukkan adanya kepribadian bangsa Indonesia, yang dapat dibedakan dengan bangsa lainnya yaitu dari sikap tingkah laku dan perilaku rakyat Indonesia.

“Oleh karena itulah maka dengan di bawah landasan dasar negara Pancasila, mari perkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,” tegas Danrem.

Danrem berharap kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah Korem 061/SK untuk selalu mengaktualisasi nilai nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan Bernegara, sebagai bukti bahwa sebagai warga negara yang mencintai bangsanya yang memegang teguh amanat para pahlawan bangsa untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dibawah landasan dasar negara Pancasila.

”Kelahiran Pancasila sebagai tonggak sejarah dalam perjuangan Bangsa Indonesia, Pancasila selalu fleksibel dengan perkembangan jaman dan selalu bisa beradaptasi. Pancasila digagas dan dirumuskan oleh para tokoh bangsa, yang menurut Sukarno bahwa di atas kelima dasar Pancasila itulah Indonesia didirikan dengan harapan akan kekal dan abadi. Pancasila menjamin Masa Depan Indonesia yang lebih baik dan Mencapai Indonesia Emas, semoga kedepannya bangsa ini menjadi lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, pelaksanakan upacara bendera hari lahir Pancasila tahun 2021 yang berlangsung di ruang Sekretariat daerah (Setda) 1 Komplek Pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Bogor, selain dihadiri Danrem 061/Sk Brigjen TNI Achmad Fauzi, juga dihadiri Bupati Bogor Ade Yasin, Danlanud Atang Sendjaja Masrma TNI Fahrizet, Dandim 0621/Kab. Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto, Kapolres Bogor AKBP Harun, Perwakilan dari Pengadilan Negeri Cibinong, Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Sekda Kabupaten Bogor dan perwakilan perangkat daerah lainnya. **

Redaktur  : Lekat Azadi
Copyright ©2021 liputan12.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here