Cegah Balap Liar, Sat Lantas Polres Sampang Gencar Lakukan Operasi

0
50
Kasat Lantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal, S.E., M.M. (dok. Rara/Kachonk, liputan12).

SUMENEP | LIPUTAN12 – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sampang menggelar patroli dalam rangka mengantisipasi balapan liar di wilayah hukum Kabupaten Sampang Provinsi Jawa Timur, Minggu (7/2/2021) dini hari.

Malam Minggu merupakan malam bersantai ria bersama keluarga di tempat tempat pusat hiburan, cafe maupun pusat kuliner setelah satu minggu melakukan aktifitas bekerja, sskolah dan kesibukan keseharian di rumah.

Namun hingga kini masih banyak masyarakat khususnya anak muda yang memanfaatkan kurang pada waktu dan tempatnya, dengan sering digunakan untuk melakukan balap liar.

Kasat Lantas Polres Sampang AKP Ayip Rizal, S.E., M.M., mengatakan bahwa operasi malam hari ini merupakan antisipasi balapan liar dan knalpot brong yang bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman, kondusif di wilayah hukum Polres Sampang.

Apalagi saat ini adalah malam minggu yang sering digunakan para anak mudah untuk aksi balap liar juga menggunakan knalpot brong.

“Kami memerintahkan kepada anggota lantas untuk mengantisipasi giat masyarakat di malam Minggu. Tidak hanya itu, anggota sampai dini hari masih memberikan pelayanan, perlindungan bagi masyarakat yang melaksanakn malam mingguan. Maka dari itu kita tidak segan segan menindak bagi pelaku balap liar dan kendaraan yang memakai knalpot brong,” ungkap AKP Ayip Rizal, Minggu siang.

Apalagi saat ini, lanjut Kasat Lantas, masih dalam suasana pandemi Covid-19 masih sangat berbahaya dan rentan sekali penyebarannya. Kami meminta agar para pengendara bisa mematuhi tata tertib lalu lintas serta bisa menerapkan prokes covid-19 untuk mencegah sebaran covid-19.

“Terapkan prokes, patuhi tata tertib lalu lintas demi keselamatan kita bersama,” ucapnya.

Di samping itu, AKP Ayip Rizal juga berharap peran penting orang tua untuk terus memantau yang putra putrinya pergi bermalam mingguan, diperhatikan untuk tidak melakukan balap liar dan untuk segera segera kembali kerumah jika sudah larut malam.

“Dengan selalu tertib berlalulintas berarti kita sudah menyanyangi diri kita dan orang lain di jalanan, pelanggaran lalulintas adalah awal terjadinya Laka Lantas, kami berharap peran orang tua untuk selalu memantau putra putri jika bermalam mingguan,” harapnya.

Kasat Lantas menambahkan, kita akan menindak tegas pengendara yang terlibat balapan liar. Namun, pihaknya juga mengedepankan tindakan preventif berupa imbauan dan edukasi kepada pengendara.

“Kalau dengan himbauan ini para pelaku balap liar tidak mengindahkan, kami Polantas Sampang akan tindak tegas, demi menciptakan kamseltibcar lantas yang mantap,” tandasnya.

Penulis      : Rara/Kachonk
Redaktur        : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here