BPBD Sumenep Salurkan Bantuan Sembako Bagi Warga di Dua Desa Yang Terdampak Banjir

0
62
Foto: Abd. Rahman Riadi, Kepala BPBD Kabupaten Sumenep (Dok. Kachonk/liputan12)

SUMENEP|LIPUTAN12 – Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumenep salurkan bantuan kepada warga terdampak banjir yang diakibatkan oleh intensitas hujan cukup tinggi terjadi di wilayah Kabupaten Sumenep.

“Data yang telah kami terima, ada 33 keluarga terdampak banjir di Desa Patean dan 32 keluarga berada di Desa Nambakor,” kata Kepala BPBD Kabupaten Sumenep, Abd. Rahman Riadi, Rabu (06/01/2021).

Abd. Rahman Riadi mengatakan, pihaknya juga tidak menutup kemungkinan jika luapan air juga melanda warga di Kecamatan Lenteng. Namun hingga saat ini, belum ada laporan prihal luapan air tersebut.

Dengan begitu pihaknya menyampaikan, bahwa sudah memberikan bantuan berupa sembako kepada warga yang terdampak, ia mengaku bahwa didua lokasi tersebut sudah menjadi peta rawan di BPBD Sumenep.

Sebab di sana, kata dia, berada di daratan rendah, ketika hujan turun cukup tinggi, maka kali Saroka dan kali Anjuk meluap, sehingga aliran air tersebut menuju dua lokasi tersebut.

“Sehingga menggenangi rumah penduduk dan lahan pertanian, maka juga perlu pengerukan pada kali tersebut,” ujarnya.

Rahman menambahkan, untuk lahan pertanian yang tergenang air banjir berdasarkan informasinya sudah di asuransikan, sehingga kalau sudah tidak bisa panen (rusak), maka ada penggantian.

“Setelah didata Keluarga yang terdampak tersebut kalau tidak salah preminya diambil dari APBD (Dinas Pertanian-red),” pungkasnya.

Reporter : Imam Kachonk
Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here