Bencana Angin Puting Beliung di Sumenep Sapu 5 Rumah dan 1 Gudang Milik Warga

0
67

SUMENEP | LIPUTAN12 – Awal tahun 2021, Angin puting beliung kembali melanda Desa Karang Anyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep, Senin (11/01/2021) sekitar pukul 11.30 WIB. Akibatnya banyak rumah warga yang rusak diterjang angin puting beliung.

Pemerintah Desa (Pemdes) Karanganyar mencatat, setidaknya ada 5 rumah dan 1 gudang tempat penimbunan garam milik warga setempat rusak.

Sekretaris Desa (Sekdes) Karanganyar, Massuri mengatakan, tiupan angin menyebabkan sebagian beberapa atap rumah warga terlepas dari pondasinya.

“Bencana kali ini adalah kejadian yang terjadi pada kedua kalinya di bulan ini yang menyebabkan rusaknya beberapa sebagian atap rumah milik warga dan satu gudang penyimapanan garam milik Warga,” kata Massuri saat ditemui liputan12.id, Senin (11/01/2021) di kantor desa.

Sekretaris Desa (Sekdes) Karanganyar, Massuri, SP.

Ia menjelaskan, musibah itu berawal dari mendung tebal di Desa Karanganyar. Sesaat kemudian, terjadi pusaran angin puting beliung yang mengarah pada pemukiman penduduk.

Kondisi tersebut terekam kamera warga dengan cuaca mendung tebal menyelimuti wilayah itu. Lalu, kumpulan awan hitam menjulur lurus ke pemukiman warga disertai hujan ringan. Setelah angin puting beliung mereda, langsung disusul hujan lebat.

“Bangunan yang diterjang angin puting beliung itu mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Total kerugian materi diperkirakan Rp 5000.000 untuk perbaikan Rumah, dan 1 gudang itu mengalami kerugian sekitaran Rp. 2.500.000,” paparnya.

Lebih lanjut Massuri menyebutkan, rata-rata bangunan terdampak puting beliung mengalami kerusakan pada bagian atap. Untuk korban sejuah ini masih dalam perbaikan dan dibersihkan rumah yang terdampak.

“Pemerintah Desa bersama TNI dan Polri, tadi pagi langsung membantu warga untuk membersihkan puing-puing atap yang diterpa angin puting beliung,” jelas Sekdes Karang Anyar.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat agar pada musim penghujan seperti sekarang ini masyarakat harus lebih meningkatkan kewaspadaan. Mengingat potensi angin puting beliung masih bisa terjadi.

Berikut data rumah dan gudang milik warga dan rincian nilai taksiran kerugian yang mencapai Rp. 7. 500.000,- akibat puting beliung di Dusun Dungmundung, Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

1. Maswiyah, warga dusun Dung Mundung RT 01/RW 02.
2. Sahawi, warga Dusun Dung Mundung RT 01/RW 02.
3. Sudarmo warga Dusun Dung Mundung RT 03/RW 02.
4. Abd. Rasyid, warga Dusun Dung Mundung RT 03/RW 02.
5. B. Su’ie, warga Dusun Dung Mundung RT 03/RW 02.

Dan 1 Gudang milik P. Massari di Dusun Gedung RT 04/RW 04.

Reporter : Imam Kachonk
Redaktur : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here