Ade Yasin Minta ASN, Pegawai BUMD hingga Perangkat Desa Bayar Zakat Lewat Baznas

0
13
Bupati Bogor, Ade Yasin lakukan pembayaran zakat lewat Baznas di acara peluncuran Gerakan Cinta Zakat, Selasa (4/5/2021) di Lobby Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor.

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor, Ade Yasin menghimbau agar para Aparatur Sipil Negara (ASN),  pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) hingga perangkat Desa yang beragama Islam di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor di semua tingkatan untuk membayarkan zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Hal itu disampaikan Ade Yasin saat luncurkan Gerakan Cinta Zakat, yang berlangsung di Lobby Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Selasa (4/5/2021). Di mana Peluncuran Gerakan Cinta Zakat ditandai dengan pembayaran zakat oleh Bupati dan Wakil Bupati Bogor.

“Gerakan Cinta Zakat ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menunaikan zakat, infak, sodakoh dan memastikan penyalurannya tepat sasaran, artinya betul-betul sampai pada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” ujar Ade Yasin.

Lebih lanjut, Ade Yasin mengatakan, Zakat merupakan salah satu instrumen pemberdayaan ekonomi ummat. Untuk itu kepada Baznas dan para Unit Pengumpul Zakat (UPZ) agar mendorong masyarakat untuk menjadikan zakat sebagai strategi pemulihan ekonomi. Maksimalkan pengumpulan zakat dan pengelolaannya agar dapat memberikan dampak signifikan pada pemulihan ekonomi masyarakat.

Zakat, kata Ade, harus dikelola secara amanah. Untuk itu Baznas harus senantiasa menjaga agar profesional, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan zakat untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

“Optimalkan UPZ sampai tingkat desa, dan jangan hanya menargetkan pemasukan zakat dari ASN saja tapi harus bisa merangkul BUMN, BUMD dan perusahaan swasta di semua sektor,” ungkapnya.

Sementara Kepala Baznas Kabupaten Bogor, Lesmana menjelaskan, kami berkomitmen untuk menjadi pengelola zakat yang handal. Tahun 2020 lalu Baznas berhasil menghimpun zakat lebih dari 10 Milyar atau melebihi target dan 49,2% lebih tinggi dari pengumpulan tahun 2019. Pada tahun 2021 Baznas memiliki target 12 Milyar.

“Baznas senantiasa mendukung program Pancakarsa Bupati dan Wakil Bupati Bogor untuk mewujudkan kesolehan sosial dan terwujudnya visi Kabupaten Bogor Termaju, Nyaman, dan Berkeadaban dengan program unggulan Baznas, yakni Bogor Takwa, Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Peduli, dan Bogor Makmur,” jelasnya.

Ditambahkannya, kami juga ucapkan kepada para muzaki khususnya ASN, pegawai BUMD hingga perangkat desa di lingkup Pemkab Bogor yang telah menyalurkan zakat, infaq dan sedekahnya melalui Baznas Kabupaten Bogor.

“Semoga zakat yang kita keluarkan akan menyempurnakan ibadah puasa kita, menyempurnakan ketakwaan serta ketaatan kita kepada Allah Subhanahu Wata’ala,” tuturnya.

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here