Ade Yasin Luncurkan Program 1000 Tahfidz Al-Quran dan Berikan Bantuan bagi 1000 Marbot Masjid

0
89

BOGOR | LIPUTAN12 – Peringatan Nuzulul Quran Tingkat Kabupaten Bogor ditandai dengan peluncuran program pembinaan 1000 Tahfidz Al-Quran dan pemberian bantuan kepada 1000 marbot masjid Se-Kabupaten yang dilakukan langsung oleh Bupati Bogor, Ade Yasin di Auditorium Setda, Cibinong, Kamis (29/4/2021).

Turut hadir di kegiatan tersebut, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Wakil Ketua DPRD M. Romli dan Sekretaris Daerah Burhanudin beserta unsur forum komunikaso pimpinan daerah (Forkopimda) kabupaten Bogor.

Bupati Bogor dalam kesempatannya mengatakan peluncuran program pembinaan 1000 Tahfidz Al-Qur’an selain dilakukan sebagai bentuk apresiasi, motivasi dan penghargaan kepada para penghafal Al-Quran di kabupaten Bogor, juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kabupaten Bogor Berkeadaban.

“Alhamdulilah tahun ini terpilih 300 orang tahfidz Al-Qur’an dan 30 orang pembina tahfidz Al-Qur’an. Target kami mencetak 1000 tahfidz Al-Qur’an. Tahun depan 350 orang dan tahun 2023 sebanyak 350 tahfidz Al-Qur’an. Program ini akan terus berjalan dan berkelanjutan setiap tahun, termasuk beasiswa Pancakarsa perguruan tinggi,” jelas Ade Yasin.

Ade menambahkan, rangkaian peringatan Nuzulul Qur’an juga dilakukan dengan memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako kepada 1000 marbot masjid yang ada di kabupaten Bogor. Bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kabupaten Bogor.

“Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap umat khususnya para marbot masjid. Kami ingin uang umat yang dikelola oleh Baznas ini dikembalikan dan bermanfaat untuk umat melalui pemberian bantuan kepada 1.000 marbot masjid ini,” ujarnya.

Selain itu, Ade Yasin mengatakan sebagai bentuk perwujudan dan penafsiran Al-Quran sebagai sumber inspirasi dan peradaban pemerintah kabupaten Bogor meluncurkan berbagai program keummatan yang berpihak kepada kepentingan umat Islam dan memuliakan alim ulama.

Misalnya dengan menaikkan insentif Guru Ngaji, Amil, Penyuluh Agama Honorer, Kartu Sehat untuk marbot, menambah 4 jam pendidikan keagamaan, Pogram Jumat Mebgaji (Bogor Ngaos), peningkatan bantuan hibah sarana keagamaan, revitalisasi Pusdai menjadi Bogor Islamic Center dan pemberian beasiswa Pancakarsa para Hafidz Al-Quran serta Program Pembinaan Tahfidz Al- Qur’an.

“Demi kelancaran program ini, Pemkab Bogor menggelontorkan anggaran sebesar Rp1,755 Miliar,” tandas Bupati.

Redaktur     : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here