Ade Yasin Ingatkan Kades Manfaatkan Program SAMISADE dengan Maksimal

0
16

BOGOR | LIPUTAN12 – Bupati Bogor Ade Yasin kembali mengingatkan para Kepala Desa (Kades) untuk memanfaatkan program Satu Miliyar Satu Desa (SAMISADE) secara maksimal.

Hal itu dikatakan Ade Yasin saat menghadiri kegiatan Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Pamijahan, bersama Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan, Wakil Ketua DPRD M. Romli, beserta Forkopimda Kabupaten Bogor, Rabu (6/4/2021).

Menurut Ade Yasin ketika dirinya kampanye dulu, ia melihat persoalan desa itu rata-rata infrastrukturnya jelek, pengairan sawahnya jelek dan lain-lain, sehingga Ia dan Iwan Setiawan turunkan program SAMISADE.

“SAMISADE ini difokuskan untuk pembangunan infrastruktur desa, seperti akses pariwisata, akses ekonomi, akses perbatasan desa, akses kesehatan, pendidikan hingga akses pusat pemerintahan. Utamanya menyangkut hajat masyarakat banyak,” kata Ade Yasin.

“Dengan SAMISADE, lanjutnya, kita bisa memfasilitasi masyarakat dengan aksesibilitas yang bagus, bisa buat tower untuk daerah yang blank spot sehingga sinyal HP dapat diterima. Selain itu untuk kepentingan pengairan, MCK, dan infrastruktur lainnya,” imbuhnya.

Politisi PPP ini juga menjelaskan, SAMISADE itu setiap tahun, bukan selama satu periode, maka harus kita manfaatkan dalam satu tahun ini. Di Kecamatan Pamijahan yang pengajuan anggarannya baru masuk hanya 10 desa, itupun angkanya kecil-kecil, kemudian baru 4 desa dari 10 desa yang sudah memanfaatkan SAMISADE.

“Inikan sayang jika SAMISADE tidak dimanfaatkan. Kalau Anggaran Dana Desa kan dipakai ke Bansos Covid, jadi kita susah membangun. Kalau Kepala Desanya nggak bisa ngebangun, masyarakatnya kecewa, periode berikutnya bisa-bisa teu kapilih deui,” ujar Ade Yasin.

Ade menerangkan, sekarang ada 10 desa yang sudah mengajukan, sisanya lima desa lagi. Kalau yang lima desa sudah mengajukan juga, Insyaallah kalau ada uangnya kita akan berikan di perubahan. Intinya, SAMISADE harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Insyaallah kita juga akan kawal bagaimana caranya bisa semua membangun dan bisa semuanya baik dari penganggaran, pelaksanaan, maupun pelaporan, kita akan bantu semaksimal mungkin,” tandasnya.

Sementara di kesempatan tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Muhammad Romli menuturkan, kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat kecamatan Pamijahan, khususnya dalam rangka bersinergi membangun kabupaten Bogor.

Menurutnya, dimulai dengan pembangunan pedesaan, kami harapkan dan meminta bahwa seluruh pembangunan itu harus direncanakan dari mulai Musrenbang tingkat desa.

“Tidak pernah akan ada sekarang pembangunan yang nyelonong lewat apapun. Karena dasarnya pembangunan itu melalui Musrenbang tingkat desa, baik itu DPRD maupun pemerintah daerah,” tuturnya.

“Oleh karenanya, lanjut M. Romli, Kepala Desa harus senantiasa memasukkan seluruh program pembangunannya, baik itu yang sudah teranggarkan maupun yang belum, sehingga dalam masa periodenya, para Kepala Desa atau lurah dapat melihat mana yang sudah dan mana yang belum,” tandas Romli.

Redaktur      : Lekat Azadi
Copyright© liputan12 2021

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here